Posting Terpopuler Minggu Ini

Pengenalan Pemrograman Pascal

 

malam semuanya . . .
kali ini saya akan membuka postingan dengan Label baru, yaitu tentang Pemograman Pascal. Sebelum memulai ngoding (membuat koding untuk sebuah program), alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu Pemograman Pascal.
Mungkin untuk lebih jelasnya, bisa dibaca dibawah ini :

Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli komputer bekerja untuk mengembangkan bahasa ALGOL, salah satunya adalah Dr. Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH-Zurich), yang merupakan anggota grup yang membuat ALGOL.

Tahun 1971, dia menerbitkan suatu spesifikasi untuk highly-structured language (bahasa tinggi yang terstruktur) yang menyerupai ALGOL. Dia menamainya dengan Pascal (dari nama Blaise Pascal, ahli matematika & philosophi terkenal abad 17 dari Perancis). Pascal bersifat data oriented, yaitu programmer diberi keleluasaan untuk mendefinisikan data sendiri. Pascal juga merupakan teaching language (banyak dipakai untuk pengajaran tentang konsep pemrograman).

Beberapa Kelebihan Pascal :
Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

Tipe Data
Dalam bahasa Pascal terdapat beberapa jenis tipe data yang bisa digunakan untuk sebuah variabel atau konstanta pada program. Tipe Data tersebut antara lain adalah :
Tipe Data Deskripsi (range variabel)
Byte              angka dari 0 sampai 255
Integer           angka dari -32768 to 32767
Real semua nilai pecahan dari 1^-38 to 1^+38
Boolean              nilai TRUE atau FALSE
Char       semua karakter dari tabel ASCII
String             semua huruf, spasi, frasa

Download Free Pascal Compiler
untuk men-download Program Free Pascal, silahkan menggunakan link dibawah ini :
Download Free Pascal Compiler

Contoh Sederhana Program Pascal:

Program HelloWorld;
uses crt;

BEGIN
clrscr;

 writeln('Hello World . . .');

readln;
END.
untuk lebih jelasnya, bisa dilihat gambarnya (klik gambarnya untuk memperjelas) :
  
kode yg dituliskan di Free Pascal

 
hasil program yg dituliskan tadi 

SHARE THIS POST:

FB Share Twitter Share Lintasberita

Artikel Terkait: