Posting Terpopuler Minggu Ini

Cara kerja ponsel GPS

Saat ini di pasaran banyak beredar ponsel dengan fitur GPS yang terintegrasi. Ponsel kenamaan seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola sudah menanamkan fitur GPS pada produk keluaran terbarunya. Namun tahukah kamu bagaimana cara kerja dan manfaat dari Ponsel GPS ini? Bayangkan ketika kamu akan menghadiri test wawancara kerja di suatu tempat dan kamu tidak paham benar dengan lokasi yang kamu tuju. Ponsel GPS dapat membantu kamu untuk memandu arah ke tempat tujuan tersebut.

Prinsip Dasar Ponsel GPS
Sebuah ponsel pada dasarnya adalah radio dua arah yang canggih. Menara base/BTS dan stasiun, diatur dalam jaringan sel, mengirim dan menerima sinyal radio. Ponsel memiliki daya yang rendah mentransmisikan sinyal untuk berkomunikasi dengan menara terdekat.



Saat kamu melakukan perjalanan, kamu berpindah dari satu ke sel lain, dan base stasiun (BTS) memantau kekuatan sinyal telepon. Saat Anda bergerak menuju satu sel, maka kekuatan sinyal berkurang. Pada saat yang sama, BTS yang Anda dekati memberi pemberitahuan bahwa kekuatan sinyal anda meningkat. Saat Anda bergerak dari sel ke sel, maka menara sinyal akan mentransfer sinyal dari satu sel ke sel yang berikutnya.

Seperti ponsel, GPS bergantung pada gelombang radio. Tetapi daripada menggunakan menara di atas tanah, GPS berkomunikasi dengan satelit yang mengitari bumi. Saat ini terdapat 27 satelit GPS di orbit - 24 sedang aktif menggunakan dan 3 berfungsi sebagai cadangan jika satelit lain gagal.
Dalam rangka untuk menentukan lokasi Anda, GPS harus memiliki hal-hal berikut:
-Lokasi, setidaknya ada tiga satelit di atas Anda
-Di mana Anda berada dalam kaitannya dengan satelit tersebut

Penerima kemudian menggunakan tiga laterasi untuk menentukan lokasi secara tepat. Pada dasarnya, tiga laterasi ini menggambar sebuah ruang/lapisan di sekitar tiap-tiap tiga satelit yang ditemukan. Tiga lapisan/ruang menyilang di dua titik, satu di angkasa dan satunya di tanah. Titik di atas tanah di mana tiga ruang/lapisan menyilang adalah lokasi Anda.

Di lokasi terpencil, menara mungkin jauh dan tidak dapat memberikan sinyal yang konsisten. Bahkan ketika ada menara yang banyak, dan gunung-gunung, bangunan tinggi dapat mengganggu sinyal. Kadang-kadang ada orang yang sulit mendapatkan sinyal di dalam gedung, terutama di elevator.

Meskipun tanpa GPS, ponsel Anda dapat memberikan informasi tentang lokasi Anda. Sebuah komputer dapat menentukan lokasi Anda berdasarkan pengukuran sinyal Anda, seperti: sudut pandang sel ke menara, berapa lama waktu sinyal yang melakukan perjalanan ke beberapa menara dan kekuatan sinyal ketika Anda mencapai menara.

SHARE THIS POST:

FB Share Twitter Share Lintasberita

Artikel Terkait: